Be A Great Nurse

12 Dec

 

Profesi Perawat adalah pekerjaan mulia. Seorang perawat tidak hanya mempunyai sifat baik dan rendah hati, mereka juga mempunyai pengetahuan dan kecerdasan medis yang cukup memadai. Beberapa hal dibawah ini akan sangat diperlukan untk menjadi seorang perawat yang hebat!

Communication skills

Tidak hanya profesi perawat yang harus membutuhkan komunikasi yang baik, hampir dari semua profesi termasuk seorang pedagang kaki lima hingga seorang presiden sekalipun, Komunikasi yang baik adalah syarat pertama dan utama untuk semua kalangan, termasuk perawat. Seorang perawat dituntut untuk mempunyai communication skills yang lebih spesifik yang dinamakan komunikasi terapeutik, yaitu komunikasi secara interpersonal dengan klien untuk membantu memfasilitasi proses penyembuhan klien.

Emotional stability

Sebagai seseorang yang ‘menjual’ jasa dan bertatap langsung dengan klien maupun keluarganya, kestabilan emosional sangat diperlukan bagi seorang perawat. Bisa dikatakan seorang perawat harus mempelajari acting layaknya seorang selebritas. Profesi Perawat adalah sebuah profesi yang memicu tingkat stress, tak jarang perawat dihadapkan pada keadaan terburuk saat menghadapi penderitaan dan kematian seseorang dihadapan mereka. Apa pun situasinya, seorang perawat harus dapat mengontrol emosinya, berusaha terlihat tegar walau hati kecilnya menangis, berusaha menenangkan keluarga yang ditinggalkan.

Bukan berarti menjadi seorang perawat tidak menemukan hal-hal yang mengharukan, contohnya melihat seseorang pulang dengan sehat dan berkumpul kembali bersama keluarganya atau seseorang yang sadar dari koma dan mencari perawat yang merawatnya saat ia sembuh. Banyak hal mengharukan yang menguras emosi.

Empathy

Perawat yang hebat bisa merasakan apa yang dirasakan klien, rasa sakit mereka, kesedihan mereka, semuanya. Klien akan melihat perawat dari sudut pandang mereka, seberapa besar perhatian seorang perawat kepadanya? “Apa dia merasa apa yang saya rasakan? Apakah dia tau apa yang saya butuhkan saat ini?”. Apabila seorang perawat bisa menjawab semua pertanyaan itu dengan aksi nyata, Ia adalah seorang perawat yang luar biasa.

Flexibility

Menjadi flexsible dan tahan banting adalah hal yang besar bagi profesi perawat berkaitan dengan jam kerja dan tanggungjawab. Seorang perawat tak jarang harus lembur, bekerja di hari minggu atau saat liburan nasional. Sesungguhnya apapun yang dikerjakan adalah semata-mata demi kepuasan klien.

Attention to Detail

Sekecil apapun kesalahan yang terjadi di dunia medis akan berdampak sangat besar, karena itu dituntuk ketelitian yang sangat besar dari seorang perawat untuk memperhatikan hal-hal kecil dan berhati-hati dalam melakukan sesuatu agar tidak terjadi kesalahan. Kesalahan kecil sekalipun didunia medis bahkan bisa mempengengaruhi hidup dan mati seseorang.

Interpersonal Skills

Perawat tidak hanya merawat pasien secara umum namun juga berhubungan langsung dengan dokter, apoteker, laboratorium dan keluarga klien. Perawat dituntut untuk dapat bekerja dengan baik dalam situasi apa pun, membina hubungan baik dengan rekan sejawat. Seorang klien akan mempercayakan terapinya kepada dokter dan dokter bergantung pada perawat untuk menjaga dan memastikan terapi yang diberikan tepat pada pasiennya.

Physical Endurance

Berdiri dalam jangka waktu lama, mengangkat beban berat (orang), mobilisasi aktif kesana-kemari adalah keseharian seorang perawat. hal ini jelas bukan pekerjaan mudah. Perawat harus menjaga energinya baik itu dalam perjalanan, memeriksa keadaan klien, maupun saat melakukan operasi. Perawat dituntut untuk tetap kuat, makan yang teratur dan berolahraga menjadi sangat penting dilakukan diluar keperawatan. Pola hidup sehat harus tetap diperhatikan.

Problem Solving skills

Seorang perawat dituntut untuk dapat berpikir cepat dalam mengatasi/menyelesaikan masalah bahkan sebelum masalah itu muncul. Pasien dengan traumatik atau dalam keadaan darurat, perawat harus selalu siap untuk mengatasi situasi sulit. Komunikasi dengan dokter, menenangkan keluarga klien, berkolaborasi dengan petugas kesehatan lainnya, perawat harus mampu memecahkan masalah tersebut.

Quick Response

Perawat harus siap merespon terhadap situasi apapun baik keadaan darurat maupun keadaan lainnya. Sering kali perawat hanya merespon insiden tiba-tiba namun perawat yang hebat selalu siap untuk keadaan yang tak terduga sekalipun. Tetap tenang adalah kualitas terbesar seorang perawat.

Respect

Perawat yang hebat menghormati orang lain dan taat pada aturan, tidak memihak pada siapa pun, tidak membedakan bangsa, suku, ras, agama, budaya maupun tradisi. Perawat harus menghormati setiap keinginan klien. Sebagaimana Ia memperhatikan orang lain, ia akan diperlakukan sama.

(Sumber: nursinglink.monster.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

studentnurseanonymous

stories, rants, tips and tricks for all the student nurses just trying to get by.

Storyshucker

A blog full of humorous and poignant observations.

Sindy Agusrini

cumbui aku dengan intelektualitasmu

Mr. Ice Cream

Cool, Sweet and Smooth

Huraira Story

Semoga menjadi 'penghibur' atau setidaknya bisa 'menemani' :)v

A Nomadian

Wandering around, seeking comfort anywhere it could be.

awalia nurizka

Catatan Awal

Her Journey to Eternity

Wretched Sinner, Justified

Bintang Bumoe

★|@bintangbumoe|♡Apakah kamu bisa mencintai langit yang berganti warna seperti aku mencintai hujan yang selalu sama?♡|bintangbumoe90@gmail.com|★

Awesome Life

Awesome Photos Awesome Words

%d bloggers like this: